Kamis, 17 Januari 2013

MANFAAT WALUH BAGI PENDERITA DIABETES


Waluh atau labu merah
Waluh. Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini. Tak kenal maka tak sayang. Buah ini biasa dijadikan bahan sayuran, kue atau kolak. Waluh atau labu merah memiliki banyak manfaat kesehatan bagi penderita diabetes.

Pertama, sayuran dari genus Cucurbita moschata ini memiliki indeks glikemik (GI) sangat rendah yang aman karena tidak berdampak pada meningkatnya kadar gula darah.

Waluh juga bisa mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan suntikan insulin pada penderita diabetes tipe 1.

Peneliti China menemukan ekstrak labu dapat meningkatkan produksi insulin dan meregenerasi sel-sel pankreas yang rusak. Insulin sangat dibutuhkan untuk memecah glukosa dalam tubuh.

Selain itu, daging waluh kaya vitamin A dan C; serta protein, antioksidan, asam folat, dan potasium yang baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

Sementara biji labu yang mengandung zat besi, vitamin K, protein, mangan, serta magnesium dan tinggi lemak tak jenuh; menjadikannya camilan sehat.

Agar terjaga kandungan nutrisinya, cobalah untuk mengolah waluh dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus. Hindari menambahkan gula, dan pilih bumbu seperti kayu manis dan biji pala yang ramah bagi penderita diabetes. Semoga informasi ini bisa menambah ragam makanan sehat bagi penderita diabetes dan doa kami semoga lekas sembuh. Amiin.



Sumber: Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja