Rabu, 06 Juli 2011

Cewek Programer Pertama

Ada Lovelace
Agaknya cewek yang menjadi programer komputer masih sedikit atau jarang diberitakan? Dari sejumlah info yang pernah penulis baca memang demikian. Cewek yang berprofesi jadi programer masih sedikit dan tentu saja pemberitaannya juga tak banyak. Aaaa... bukan soal mengapa sedikitnya cewek yang mau jadi programer yang akan penulis bagikan. Tapi, siapa sih cewek pertama yang jadi programer?


Augusta Ada Byron tercatat dalam sejarah sebagai programer komputer pertama. Ia lahir di Middlesex, Inggris, pada 10 Desember 1815 dan meninggal di Marylebone, London, 27 Nopember 1852 pada usia 36 tahun. Anak tunggal dari pasangan Lord Byron  (seorang pujangga besar) dan Anna Isabella. Ia biasanya dipanggil Ada Lovelace.

Saat berusia sebulan, kedua orangtuanya bercerai, lalu Ada dibawa ibunya, dan tak pernah lagi bertemu ayahnya. Ada dibimbing sendiri oleh ibunya, hingga pengetahuannya terasa melebihi guru pribadinya tersebut. Jadi ceritanya Ada dulu ikut homeschooling gitu...

Kemudian dia diajar oleh Augustus DeMorgan, profesor matematika pertama di Universitas London. Perlu diketahui, DeMorgan adalah pembentuk teori dasar Aljabar Boolean, yang jadi dasar dari komputer modern.

Saat usia 18 tahun, Ada bertemu dengan Charles Babbage di sebuah pesta. Ada tertarik dengan mesin yang dikenalkan oleh Babbage. Ini adalah awal dari pertemanan besar mereka.

Lalu Ada menerjemahkan pekerjaan Babbage ke dalam bahasa Inggris, dan menambahkan catatan-catatan pada tulisan tersebut. Dia mendokumentasikan semua pekerjaannya, dan membangun program-program untuk mesin dari Babbage itu. Ada memrogram agar mesin tersebut mampu menjumlahkan angka-angka Bernoulli.

Lantas Ada bekerja pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Saat berusia 36 tahun, ia meninggal dunia karena terserang kanker tulang tengkuk.

Sebuah bahasa pemrograman komputer, bahasa pemrogram ADA, dikembangkan di Departemen Pertahanan Amerika  pada akhir tahun 1970-an dan awalnya ditujukan sebagai bahasa utama dalam membangun perangkat lunak Departemen Pertahanan. Nama ADA sendiri diambil dari nama Augusta Ada Byron sebagai bentuk penghormatan terhadap beliau yang dianggap sebagai seorang pemrogram komputer yang pertama.

Mudah-mudahan tulisan di atas bisa jadi inspirasi, khususnya cewek2, untuk turut memajukan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja