Minggu, 23 Oktober 2011

Tips PowerPoint: Mencegah Berubahnya Huruf Saat Presentasi

Membuat presentasi dengan PowerPoint memang mudah dilakukan. Selain cepat membuatnya, presentasi yang kamu buat dapat lebih menarik berkat adanya efek-efek yang banyak, sehingga mereka yang menyimak presentasi Anda tidak cepat bosan dan mengantuk. Namun, pernahkah Anda menjumpai di saat presentasi, hasil keluaran PowerPoint yang dibuka hurufnya tidak sama seperti pada saat Anda kerjakan semalam?


Kejadian beda huruf yang ditampilkan dapat terjadi bila komputer yang digunakan berbeda pada saat membuat dan mempresentasikan hasilnya. Pada komputer yang dipakai buat presentasi jenis-jenis huruf yang tersedia tidak sama dengan komputer untuk membuat presentasi. Ketika Anda menyimpan file PowerPoint, program hanya menyimpan nama huruf yang digunakan, sehingga bila file PowerPoint tersebut dibuka di komputer lain yang tidak menyediakan huruf yang ada di dalam file, maka keluarannya pun akan berubah.

Untuk mencegah hal yang demikian terjadi saat Anda sedang melakukan presentasi, maka ada baiknya Anda memperhatikan trik berikut ini. Trik ini telah dicoba pada PowerPoint 2007. Untuk versi di bawahnya, caranya tak jauh berbeda. Ketika Anda telah selesai membuat file presentasi dengan PowerPoint dan akan menyimpannya di dalam flashdisk, harddisk atau CD, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Klik Office Button.












2. Pilih Save As.
3. Pilih lokasi penyimpanan dan beri nama file pada bagian "File name"
4. Setelah memberi nama file, klik tombol "Tools" dan pilih "Save Options...".












5. Di sebelah kanan layar jendela PowerPoint Options, beri centang "Embed fonts in the file".








6. Terakhir, klik OK.

Sampai di sini dulu. Sampai jumpa di trik lainnya.

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja