Minggu, 20 November 2011

TRIK POWERPOINT: PRESENTASI KEREN ALA FILM PAKE CREDIT TITLE

Sering nonton film? Bagian akhir film biasanya ada Credit Title-nya. Pada bagian tersebut akan ditampilkan semua orang yang terlibat dalam pembuatan film, seperti sutradara, produser, kru, pemain, dan sebagainya dalam tampilan teks yang berjalan dari bawah ke atas.

Kamu bisa kok menggunakan tehnik tersebut dalam presentasi kamu untuk tugas sekolah, seperti menampilkan nama-nama anggota kelompok saat pembuatan presentasi. Caranya mudah kok, hanya
membutuhkan fitur Custom Animation. Berikut ini caranya.

1. Buat sebuah slide baru dengan defauld slide layout.

2. Pada bagian Title, masukkan judul misalnya Anggota Kelompok. Pada bagian Subtitle masukkan nama-nama anggota kelompok. Tiap nama diberi jarak 3 kali spasi ke bawah. Atur juga jarak antara judul dengan nama-nama anggota. Usahakan nama anggota yang terakhir masih berada dalam area kerja.


3. Pilihlah semua teks yang ada di subjudul (nama-nama anggota). Format teks menjadi rata tengah agar terlihat rapi.

4. Ubah warna background slide menjadi gelap dan warna teks kontras dengan background.

5. Sekarang cara memberi efek agar slide berjalan layaknya sebuah Credit Title. Pada Ribbon, klik tab Animations, pilih Custom Animation.



6. Di samping kanan akan muncul jendela Custom Animation. Seleksi semua teks yang ada di slide, lalu klik tombol Add Effect>Entrance>More Effects....



7. Muncul jendela Add Entrance Effect. Scroll ke bawah hingga menemukan efek bernama Credits di bagian Exciting. Centang opsi Preview Effect untuk melihat preview dari efek yang dipilih. Klik OK.



8. Nah, sekarang Credit Title-nya sudah jadi deh. Kamu bisa lihat hasilnya di slideshow (tekan F5). Kalau Credit Title-mu kamu rasa masih terlalu cepat, kamu bisa kok mengatur kecepatannya. Pada boks Subtitle, kllik panah kecil, lalu pilih Timing.



9. Jendela Credits akan muncul. Di dalamnya kamu dapat melakukan beberapa pengaturan seperti kapan waktu dimulainya slide, begitu juga menentukan kecepatan efek berjalan. Klik OK kalau sudah. Lihat hasilnya pada slideshow.

File tutorial dapat didownload di sini.

Selamat berkreasi dengan Credit Title. Ciao.

Contoh CREDIT TITLE.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja