Minggu, 18 Desember 2011

MENGANIMASI CHART / DIAGRAM PADA PRESENTASI POWERPOINT 2007

Dalam presentasi, animasi tidak hanya dapat diterapkan pada tulisan atau gambar. Diagram atau chart pun bisa! Jika digunakan secara tepat, animasi dapat membuat presentasi dapat menjadi semakin menarik dilihat.
Sudah tahu cara bikin animasi pada chart atau diagram? Yuk, kita belajar bareng menganimasi diagram pada presentasi. Kali ini kita akan menampilkan sebuah diagram pada Chart satu per satu agar dapat
menyampaikan informasi dengan lebih detail. Berikut caranya dengan PowerPoint 2007.

1. Siapkan sebuah Chart atau diagram pada dokumenmu.
    Untuk menambahkan sebuah Chart dalam dokumen, pada Ribbon klik tab Insert>Chart.

2. Setelah Chart ada dalam dokumen, klik tab Animations, kemudian klik Custom Animation.


3. Pilih Chart yang ada. Tambahkan efek Wipe untuk animasi pada Chart. Caranya, klik Add Effect>Entrance. Pilih More Effects dan klik Wipe. Klik OK.



4. Sekarang animasi sudah bisa berjalan. Namun perlu pengaturan lebih lanjut agar animasi pada Chart berjalan secara terpisah.   

5. Klik kanan pada efek yang sudah diaplikasikan kemudian pilih Effect Options.


6. Akan muncul jendela Wipe. Pilih tab Chart Animation. Di bagian Group chart, kamu dapat mengatur animasi untuk menampilkan sebuah objek keseluruhan atau terpisah. Pilihan pada Group chart bisa berbeda dengan yang ada di komputermu, tergantung pada jenis Chart yang ada di dokumenmu. Di sini penulis memilih by Series. Sekali lagi pilihan  ini tergantung jenis Chart yang ada di dokumenmu.


7. Kemudian klik tab Effect. Di bagian Direction, kamu dapat mengatur animasi untuk menampilkan objek dari arah yang kamu inginkan. Pilihan tergantung dari jenis Chart yang ada di dokumenmu. Pilih From Bottom bila diagrammu memanjang ke atas. Atau pilih From Left jika diagram memanjang ke kanan. Di sini penulis memilih From Left.

Kamu juga bisa menambahkan efek Sound. Pilih sesuai seleramu.
Klik OK jika sudah.


8. Tekan Slide Show atau F5, dan Chart pun akan ditampilkan per bagian.


Bahan tutorial bisa diambil di sini. Bahan ini diadaptasi dari Tabloid Komputek Desember 2011.

Selamat berkreasi.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja