Minggu, 23 Desember 2012

CARA AMPUH BASMI KOMEDO

Komedo biasa muncul di zona T.
Komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori berbentuk kecil, berwarna hitam atau putih. Dengan komedo, wajah halus terlihat kotor dan kusam. Komedo muncul akibat terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati. Saat membersihkan wajah, komedo sering terabaikan.


Dari jenisnya komedo itu ada dua jenis, yaitu:
  1. Komedo Terbuka (Blackhead)
    Terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna kehitaman karena telah teroksidasi oleh udara.
  2. Komedo Tertutup (Whitehead)
    Komedo ini berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat oleh kotoran dan lemak, terlihat seperti benjolan-benjolan kecil di bawah kulit.

Walau pun bisa saja muncul di bagian tubuh mana saja, tapi biasanya, komedo muncul di area T (dahi, hidung, dan dagu), juga di bawah mata dan pipi.

Komedo hitam di wajah menjadi masalah penting yang harus diatasi, karena pasti akan merusak tampilan Anda. Menurut Dr Alicia Zalka, dermatologis klinik Surface Deep di Connecticut, Amerika, komedo hitam adalah kombinasi minyak pada wajah dan kotoran yang menempel pada pori kulit. Bila dibiarkan, komedo akan menyumbat pori-pori dan akhirnya membuat wajah terlihat kusam.
Menghilangkan komedo jangan
dengan cara dipencet.

Ia menambahkan, ada banyak penyebab timbulnya komedo ini, antara lain usia, cara perawatan kulit, hormon, dan genetik. Jika beberapa produk penghilang komedo instan yang ada di pasaran tidak mampu menghilangkan komedo dengan sempurna, ada beberapa alternatif lain yang mungkin bisa membantu Anda. Namun, ingatlah untuk tidak menekan, memencet atau mencongkel komedo dengan berbagai cara. Cara ini akan membuat kulit Anda meradang, infeksi, dan menyebabkan timbulnya jaringan parut pada kulit. 

1. Baking soda
"Pengelupasan kulit mati merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi timbulnya komedo," ujar Zalka. Untuk hasil lebih efektif, gunakan saja baking soda. Baking soda merupakan bahan aktif yang biasa digunakan dalam teknik mikrodermabrasi untuk mengelupaskan kulit. 

Jika digunakan secara teratur, baking soda bisa membantu untuk meminimalisasi komedo. Caranya, campur baking soda dengan air dan aduk sampai terbentuk pasta. Gosokkan dengan lembut di wajah, kemudian diamkan sampai mengering dan bilas. Jika tak punya baking soda, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkan pori-pori wajah. Cuka apel memiliki sifat astringent dan anti bakteri, sehingga membantu mengurangi timbulnya komedo. 

2. Masker tanah liat
Dr Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology mengungkapkan bahwa kandungan kaolin yang ada di dalam masker tanah liat ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah komedo. Selain itu, tanah liat yang punya daya serap tinggi akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

3. "Pore strips"
Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan plester pengangkat komedo yang ada di pasaran. "Plester komedo ini memang bisa membantu mengangkat komedo dan memperbaiki struktur pori. Namun komedo akan tetap datang kembali kecuali Anda merawat kulit dengan tepat dan rutin membersihkan muka untuk mencegahnya datang kembali," saran Zalka.

4. Asam salisilat dan "glycolic"
"Cara terbaik untuk memecah minyak yang menyumbat pori-pori adalah dengan menggunakan beta-hydroxy acid atau asam salisilat," ungkap MacGregor. Asam salisilat dan glycolic ini membantu menyerap minyak dan membersihkan permukaan pori sehingga akan mencegah terbentuknya komedo. Biasanya, kedua bahan aktif ini banyak terdapat dalam produk sabun pembersih, ataupun pembersih wajah anti jerawat. 

5. Mikrodermabrasi
Jika memiliki uang lebih, dan ingin komedo hilang lebih lama, maka mikrodermabrasi bisa jadi jawabannya. Selain menghilangkan komedo, prosedur ini juga akan membantu memperbaiki tekstur dan tampilan kulit.

Di samping cara di atas, masih ada tips cara alami menghilangkan komedo. Semoga bisa membantu.


1. Kulit Jeruk
Kulit jeruk selain segar untuk dimakan, ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi komedo juga lho. Caranya seperti apa ? Gampang kok, caranya adalah kamu tinggal menambahkan sedikit air ke kulit jeruk tadi, setelah itu, kamu tempelkan saja di bagian wajah kamu yang berkomedo dengan durasi penempelan adalah satu malam penuh.

2. Scrub
Scrub bekerja untuk menghilangkan sel kulit dan menumbuhkan sel kulit yang baru. Sel kulit mati dapat memperburuk keadaan komedo jika tidak segera diangkat kamu bisa menscrub wajah di bagian dahi, hidung, dan dagu. Ketiga daerah tersebut merupakan tempat tumbuhnya komedo.


Menggunakan scrub sayuran.
Blender 1 lembar daun kailan, 1 lembar daun seledri, ¼ buah apel, campur dengan perasan jeruk lemon. Kemudian usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu bilas.


3. Es Batu
Es batu ternyata tidak hanya digunakan untuk membuat es jeruk, es teh dan minuman lainnya, es batu selain fungsinya juga bisa menurunkan suhu yang panas alias menyegarkan, ternyata bisa juga untuk mengatasi komedo. Lho bagaimana caranya ? Caranya, kamu cukup mengusapkan es batu di sekitar area wajah anda yang berkomedo, usapkan kira-kira 10 menit sudah cukup.

4. Putih telur
Putih telur selain digunakan untuk memasak, ternyata mempunyai manfaat lain yaitu menghilangkan komedo. Campurkan sebutir putih telur lalu tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20-30 menit. Bersihkan dengan air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru.

Cara lainnya, ambil sedikit putih telur, letakkan dalam wadah, kocok hingga berbusa. Kemudian oleskan di sekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup dengan tisu. Biarkan hingga benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Di bagian dalam tisu, akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat.


5. Masker kacang
Campuran kacang kedelai dan kacang polong yang telah dihancurkan dapat digunakan sebagai masker. Gunakan masker dan diamkan lebih kurang 30 menit, bilas. Gunakan beberapa kali.


6. Uap air garam
Uap air garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler di bawah kulit, dan memperlancar peredaran darah ke kulit. Caranya dengan menguapi wajah menggunakan air panas yang telah diberi 1 sdm garam selama kurang lebih 10 menit.

7. Air putih
Minum lebih banyak air putih. Air putih membantu membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit lebih bercahaya.

8. Jaga Kebersihan Wajah
Komedo akan sangat mudah sekali muncul di wajah kamu, jika wajah kamu kotor dan berminyak. Jadi, rajinlah merawat wajah kamu agar senantiasa bersih. Untuk mengatasi wajah yang berminyak, pergunakanlah produk pembersih wajah yang cocok untuk kulit berminyak yang ampuh mengurangi kadar minyak di wajah kamu. Silahkan cari dan dipilih sendiri produk pembersih wajahnya.


Sumber: huffingtonpost, Kompas, dan sumber lain

1 komentar:

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja