Jumat, 26 Oktober 2012

Mengapa Perlu Diadakan Kegiatan Belajar Aktif?

Untuk mempelajari sesuatu dengan baik, langkah-langkah belajar aktif membantu mendengar, melihat, menanyakan, mendiskusikan, memecahkan masalah, menemukan contoh-contoh, mencoba ketrampilan-ketrampilan dan melakukan tugas-tugas yang harus dicapai. Peserta didik akan berada di kondisi belajar terbaiknya jika meraka tahu cara melakukan metode pembelajaran dan mengembangkannya sesuai karakteristiknya masing-masing.


Bagaimana menemukan dan mengembangkan pembelajaran aktif? Terus berlatih dengan berbagai macam strategi yang dirancang mampu menghidupkan dan memeriahkan ruang kelas. Ada begitu banyak strategi belajar aktif yang kesemuanya diarahkan dan dimaksudkan untuk mendalami kegiatan belajar dan ingatan.

Strategi-strategi yang ditemukan dan mampu menciptakan "Flow" harus diulang-ulang agar menjadi kebiasaan yang selanjutnya berubah secara otomatis menjadi sebuah karakter. Tentunya kita sadar dan tahu bahwa tak ada suatu keberhasilan aatau kesuksesan bisa dicapai tanpa ada karakter kuat yang mewujudkannya. Karakter menjadi kata kunci dari segala tujuan dan cita-cita. Karakter dan kesuksesan identik dua sisi mata uang yang melekat satu sama lain.



Sumber: Fokus, ActiveLearning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja