Sabtu, 27 Oktober 2012

Apakah Flow Itu?

Flow adalah keadaan sadar yang didalamnya seseorang bisa betul-betul terbenam dalam sebuah aktifitas secara total melibatkan seluruh panca indra sehingga dia tidak merasakan waktu berlalu. Untuk dapat merasakan flow seseorang harus mencurahkan energi mental dan emosional tambahan. Kehidupan yang dipenuhi dengan pengalaman flow yang menarik akan jauh
lebih berharga daripada kehidupan yang dihabiskan untuk menikmati kesenangan secara pasif.

Tujuan jangka panjang bagi peserta didik yang mengerti dan mengalami flow adalah mereka berkesempatan besar memenuhi semangat yang bisa mengarahkan mereka untuk mengusahakan tercapainya tujuan dan cita-cita. Peserta didik yang mengalami flow akan sanggup belajar sepanjang masa dan lebih mau mengambil kesempatan, teguh dalam menghadapi tantangan, sanggup mengatasi ketakutan, kekhawatiran dan kesulitan. Dengan memanfaatkan kekuatan flow yang mereka miliki, peserta didik akan mampu menikmati kehidupan pribadi penuh dengan kecerdasan.

Flow bisa lebih mudah terealisasi manakala peserta didik mengalami kesenangan serius (serious fun). Pembelajaran aktif yang menekankan pada "kesenangan serius" dapat membantu peserta didik memusatkan perhatian, meningkatkan kesenangan belajar dan mampu mengatur suasana agar pengalaman flow tetap terjadi.



Sumber: Fokus, Active Learning


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja